Makalah Windows XP

Share On :

BAB I

A.    Sejarah Singkat Windows XP
Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi "Whistler", yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000-an. Bersamaan dengan proyek ini, Microsoft juga tengah menggarap proyek Windows generasi baru penerus Windows Me (Millennium Edition) yang dinamakan dengan kode sandi "Windows Neptune" yang diproyeksikan sebagai "Windows NT versi rumahan".
Setelah Windows ME dianggap kurang sukses menyaingi kesuksesan Windows 98, Microsoft pun akhirnya memutuskan untuk mengawinkan dua buah sistem operasi Windows tersebut (sistem operasi berbasis Windows NT dan sistem operasi berbasis Windows 9x) ke dalam sebuah produk. Itulah yang kita kenal sekarang dengan Windows XP.
Windows xp atau Windows 5.1 Build 2600 adalah sebuah versi system operasi windows yang diluncurkan oleh Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Sebelumnya , Microsoft telah meluncurkan Windows versi 5.0 atau yang dikelnal dengan windows 2000, baik itu edisi server atau edisi professional (untuk desktop kantoran ) . namun pada kenyataannya sebagian besar penggunanya menggunakan Windows XP Profesional. Nama Xp sendiri ,menurut Microsoft merupakan singkatan dari experience , yang artinya windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi , atau setidaknyabegitulah yang diharapkan Microsoft. Perubahan user interface dan tatacara penggunaan memang sangat revolusioner, seperti yang terjadi dari DOS ke Windows 3.0 , dan dari windows 3.1 ke Windows 95. Windows Xp sendiri berbasis pada windos NT dan termasuk dalam keluarga NT. Yang termasuk dalam keluarga NT adalah Windows 2000sserver dan windows server 2003, windows 2000 & 2003 . keluarga NT , terutama server , memiliki kemampuan yang baik untuk menjadi sebuah server . pada pertengahan 2000-an , Microsoft ,perusahaan pembuat system operasi windows , tengah menggarap Windows ME ( Millenium Edition). Namun karena windows ME dianggap kurang sukses menyaingi windows 98. Maka, Microsoft memutuskan untuk ‘mengawinkan’ dua buah system operasi windows tersebut ( sistem operasi berbasis windows NT dan sisem operasi berbasis windows 9x) kedalam sebuah produk yang sekarang ini kita kenal dengan windows Xp .
Experience, itu adalah kepanjangan dari XP pada windows XP. Windows Xp merupakan terusan atau lanjutan dari produk - produk yang dikembangkan oleh Microsoft, yaitu seperti Windows 2000 Professional, Windows Me, dll. Walaupun sekarang telah dirilis produk terbaru dari Microsoft yaitu Windows Vista dan Windows 7, namun para pengguna produk Microsoft meyakini, bahwa performa dari Windows XP masih berada diatas Windows Vista dan WIndows 7. Sehingga tidak sedikit pengguna Windows Vista yang justru Downgrade menjadi Windows XP karena performanya yang lebih tangguh, dibanding Windows 7 atau bahkan Windows Vista.
Windows XP pertama kali di release pada tanggal 25 Oktober 2001, dan sejak dirilis hingga Januari 2006 saja, menurut perkiraan seorang analis, tidak kurang dari 400 juta salinan instalasi digunakan para pengguna Microsoft Windows.Angka yang cukup fantastis untuk penjualan Sistem Operasi hanya dalam kurun waktu kurang dari 5 tahun. Dan diperkirakan angka nya akan terus bertambah hingga saat ini, mengingat banyak nya pengguna komputer yang memakai Sistem Operasi Windows.

B.     PENGERTIAN WINDOWS XP
Kita akan sedikit membahas tentang Windows Xp. Mengapa XP? Karena Windows Xp merupakan windows yang paling lama dapat bertengger dan dipakai oleh banyak masyarakat sebelum rilis lagi versi terbarunya Sistem Operasi Microsoft, dalam artian jarak antara diperkenalkannya Xp dengan jarak rilisnya versi terbaru sangat lama. Dan tentunya windows Xp untuk sekarang sangat familiar sekali digunakan oleh masyarkat baik personal maupun perusahaan.
Windows XP adalah jajaran sistem operasi berbasis grafis yang dibuat oleh Microsoftuntuk digunakan pada komputer pribadi, yang mencakup komputer rumah dandesktop bisnis, laptop, dan pusat media (Media Center). Nama "XP" adalah kependekan dari "Experience". Windows XP merupakan penerus Windows 2000 Professional dan Windows Me, dan merupakan versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel dan arsitekturWindows NT. Windows XP pertama kali dirilis pada 25 Oktober 2001, dan lebih dari 400 juta salinan instalasi digunakan pada Januari 2006, menurut perkiraan seorang analis IDC. Windows XP digantikan oleh Windows Vista, yang dirilis untuk penggunavolume license pada 8 November 2006, dan di seluruh dunia untuk masyarakat umum.
Pada tanggal 30 Januari 2007. Banyak Original Equipment Manufacturer (OEM) dan juga penjual ritel menghentikan produksi perangkat dengan Windows XP pada tanggal30 Juni 2008. Microsoft sendiri terus menjual Windows XP melalui Custom-built PC(OEM kecil yang menjual komputer rakitan) sampai dengan 31 Januari 2009. Windows XP mungkin akan tetap tersedia bagi para pengguna korporasi dengan volume licensing, sebagai sarana downgrade untuk komputer-komputer yang belum siap menjalankan sistem operasi baru, Windows Vista Business Edition atau Ultimate Edition atau Windows 7 Professional.
a.      Interface
adalah menunjukan tampilan desktop pada Windows Xp yang sudah merupakan visual yang dinamis jika dibandingkan dengan versi windos dibelakangnya seperti Windows98 kebawah.
b.      Taskbar dan Star Menu Properties
Taskbar pada Windows Xp digunakan sebagai pengatur segala macam komponen yang terdapat pada taskbar tersebut. Seperti menampilkan jam, menyembunyikan ikon yang tidak aktif, mengunci taskbar supaya tidak bisa di pindahkan baik ke atas ataupun ke samping, menyembunyikan taskbar (autohide), menampilkan taskbar diatas supaya jika aplikasi berjalan taskbar masih berada diposisi paling atas, mengelompokkan atau grup aplikasi yang sama, misalnya kita membuka 5 file dokumen word maka akan diperlihatkan satu dokumen word dan ketika mau melihat semuanya tinggal di klik di file yang terlihat tadi lalu bisa dipilih dari kelima tersebut mana yang mau diaktifkan, menampilkan quick launch. Pada Star Menunya kita dapat merubah tampilan Star Menu (gambar 2) baik ke dalam bentuk klasik maupun bentuk modern (default)
c.       Control Panel
Contol panel pada windows Xp digunakan untuk mengatur berbagai macam settingan untuk mengoptimalkan windows Xp itu sendiri.
1.      Accessibility Options
Digunakan untuk mengatur Windows Xp supaya dapat digunakan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan fisik yang terbatas.
2.      Add Hardware
Digunakan untuk menginstall hardware baru, misalkan vga card, modem, sound card.
3.      Add or Remove Programs
Yaitu tempat menampilkan list aplikasi yang sudah terinstal di Windows Xp, jika kita akan menghapus salah satunya maka tinggal mengklik Remove dan jika akan mengupdate aplikasi (merubah setingan instalasi komponen apa saja yang akan diinstal) maka tinggal mengklik Change
4.      Administrative Tools
Digunakan utnuk para teknisi untuk mengubah dalam hal pemrograman dalam Windows. Misalnya untuk melihat service, ODBC, computer management, dan lain-lain
5.      Automatic Updates
Digunakan pula untuk menentukan waktu untuk mengupdate Windows.
6.      Date and Time
Mengatur waktu, hari tanggal tahun dan jona tempat kita berada di suatu Negara atau wilayah.
7.      Display
Digunakan untuk merubah tampilan Windows Xp, misalkan mengganti tema, mengganti background, memasang screen saver, mengganti resolusi monitor.
8.      Folder Options
Menampilkan opsi folder pada window explorer, bisa tampilan folder, di sembunyikan-ditampilkan, dan masih banyak lagi fitur lainnya.
9.      Fonts
Melihat daftar font atau huruf yang terinstal di Windows, anda bisa pula menambah atau menguranginya.
10.   Game Controllers
Untuk melihat apakah Gamepad atau Joystik kita sudah terpasang dengan sempurna dan bisa juga digunkan untuk memasukan atau menginstall Game Control baru serta bisa di setting sesuai keinginan.
11.  Internet Options
Untuk pengaturan browsing internet, misalkan security, homepage, privacy, content, connection dan lain-lain.
12.  Keyboard
Digunakan untuk menyeting berbagai macam yang berhubungan dengan keyboard seperti cursor blink rate, dan bisa juga untuk melihat jenis dan pabrikan keyboard yang kita gunakan.
13.  Mouse
Digunakan untuk mengatur kecepatan double klik, merubah tema pointer, efek pointer dan untuk melihat jenis dan merk mouse yng kita gunakan.
14.  Network Connections
Untuk melihat list akses point atau dial up, lan yang sudah di setting.
15.  Network Setup Wizard
Pengaturan langkah demi langkah untuk membuat network, bisa LAN ataupun yang terhubung ke Internet.
16.  Phone and Modem Options
Digunakan untuk membuat akses poin dengan menggunakan modem ataupun modem telepon.
17.  Portable Media Device
Melihat list hardware yang terintagrasi langsung dengan Media hiburan misalkan dengan Windows Media Player.
18.  Power Options
Pengaturan dalam mengefisiensikan listrik, misalnya pengaturan turn off monitor, mematikan komputer, stanby dan lain-lain.
19.  Printers and Faxes
Digunakan untuk melihat printer yang sudah terpasang di Windows kita, bisa pula digunakan untuk menginstall printer atau faximil baru.
20.  Regional and Language Options
Untuk mengatur dimana kita berada, mengatur standard dan format yang digunakan sesuai dengan Negara kita, bahasa yang digunakan.
21.   Scanner and Camera
Untuk melihat scanner atau kamera yang telah terinstall dan bisa juga digunakan untuk memasukan scanner atau kamera baru.
22.  Scheduled Tasks
Untuk mengatur penjadwalan. Bisa untuk maintenance Windows, penjadwalan update dan lain-lain yang berhubungan dengan skejul.
23.  Security Center
Mengatur keamanan dalam berinternet, firewall dan automatic updates.
24.  Sounds and Audio Device
Digunakan untuk menyeting volume, tipe speaker, sound scheme, audio, recording, dan lain-lain.
25.  Speech
Digunakan untuk Speech atau berbicara. Jadi seolah-olah Windows bisa membaca teks (berbicara).
26.  System
Untuk melihat informasi mengenai system yang terinstal. Misalkan versi Windows berapa, Processornya apa, jumlah RAM, mellihat semua hardware, update, system restore dan masih banyak lagi.
27.  Taskbar and Star Menu
Untuk mengatur visualisasi taskbar, mulai dari tampilan ketika kita mengklik star, sampai auto hide taskbar, menampilkan quick launch, hide icon, tampilan star menu versi classic atau modern, dan masih banyak lagi pengaturan didalamnya.
28.  User Accounts
Digunkan untuk mengatur akun kita, baik pembuatan akun baru, menghapus akun, mengaktifkan Guest akun ataupun mengedit akun lainnya.
29.  Windows Firewall
Untuk pengaturan keamanan juga, misalakan bisa memblokir dan memanage komunikasi antar komputer baik network LAN maupun Internet, memblokir aplikasi yang bisa dianggap berbahaya, dan lain-lain.
30.  Wireless Network Setup Wizard
Mengatur pengaturan network nirkabel, bisa bluetoot, WiFi, dan lain-lain.
d. Command Prompt
Command prompt merupakan aplikasi bawaan dari Windows Xp yang mana hampir sama penggunaannya dengan MS-DOS. Command prompt bisa dikatakan dan digunakan sebagai tempat untuk memerintah (command). Command prompt berbasiskan text line yang bisa digunakan untuk mengatur komputer / Windows.
Perintah-perintah yang terdapat pada command prompt banyak sekali sebagai contoh : MD, CD, RD, DIR, TREE. Itu merupakan perintah-perintah dasarnya saja.
1.      MD (Make Directory), yaitu perintah yang digunakan ketika kita akan membuat sebuah directory atau bisa dibilang folder.
2.      CD (Change Direktory), yaitu untuk masuk kedalam folder ataupun keluar dari folder tersebut.
3.      RD (Remove Directory), yaitu berfungsi untuk menghapus folder syaratnya kita harus berada di folder parent dari folder yang mau dihapus.
4.      DIR, digunakan untuk melihat properties yang di punyai folder bisa berupa daftar file yang ada di folder tersebut, ukuran file, alamat file, jumlah file dan lain-lain.
5.      TREE, digunakan untuk melihat pohon atau letak dari folder-folder ataupun subfoldernya.
d.      Edisi – Edisi Windows
Windows XP tersedia dalam berbagai macam edisi. Edisi yang paling umum dari sistem operasi Windows XP adalah Windows XP Home Edition, yang ditargetkan untuk pengguna rumahan, dan juga Windows XP Professional, yang menawarkan fitur-fitur tambahan seperti dukungan untuk domain Windows Server dan dua prosesor fisik, dan ditargetkan di pasar power user, bisnis dan perusahaan klien. Sementara itu, Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedia tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara TV, melihat film DVD, dan mendengarkan musik. Ada lagi Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus. Windows XP akhirnya dirilis untuk dua arsitektur tambahan selain tentunya Intel i386, yang disebut dengan Windows XP 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-64 (Itanium) dan Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-64. Ada juga Windows XP Embedded, sebuah versi Windows XP Professional yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu, dan Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang. Pada pertengahan 2009, sebuah pabrik pertama mengungkapkan bahwa mereka memiliki sebuah telepon selular berbasis sistem operasi Windows XP.
Windows XP muncul dalam banyak jenis:
·          *Windows XP Professional
·          *Windows XP Home Edition
·          *Windows XP Media Center Edition
·          *Windows XP Tablet PC Edition
·          *Windows XP Starter Edition
·          *Windows XP Professional x64 Edition
·          *Windows XP Professional 64-Bit Edition for Itanium



0 komentar:

Post a Comment

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     

Join....!

Free Domain

Free Domain
SiNyO. Powered by Blogger.