Ragam bahasa JavaScript

Share On :
JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Netscape, kemudian diadopsi oleh Microsoft sebagai bahasa script untuk browser di Internet Explorer, dengan nama Jscript.

JavaScript dibuat agar dapat digunakan juga oleh programmer web yang bukan berlatar programmer komputer, pemrogram komputer yang tidak berlatar programmer terdirik dengan pemrograman berorientasi obyek.

JavaScript juga dirancang agar Netscape Navigator dapat mendukung aplet (aplikas Java yang dapat dijalankan di atas browser web). Nama JavaScript diambil berdasarkan persetujuan dari Sun Microsystem yang mengembangkan Java, diumumkan bersama oleh Netscape dan Sun pada tanggal 4 Desember 1995. Sebelumnya JavaScript bernama LiveScript.

JavaScript mulai ada dalam browser Netscape dan Internet Explorer sejak 1996.

Jscript adalah adopsi JavaScript oleh Microsoft, sebagai JavaScript yang di atas Internet Explorer, tersedia sejak 16 April 1996. Tetapi sayangnya, Jscript Microsoft ini tidak kompatibel sepenuhnya dengan JavaScript.

Kini bahasa JavaScript distandarisasi secara internasional dengan nama ECMAScript. Standardisasi ini perlu dilakukan, karena mulai adanya perbedaan implementasi JavaScript, seperti yang dilakukan oleh Microsoft dengan Jscriptnya. Standardisasi dimulai sejak November 1996, dan diadopsi mulai Jnui 1997 oleh ECMA dan ISO ECMAScript keluar pada April 2008.

Standar JavaScript adalah JavaScript versi 1,5, versi ini kompatibel dengan ECMA-262 Edisi 3.

Adanya standar bahasa JavaScript ini, kita dapat mengacu pada pengembangan aplikasi JavaScript dengan menggunakan metode standar, sehingga diharapkan aplikasinya dapat dijalankan pada banyak web browser, tidak terbatas pada Internet Explorer saja, jika kita mengacu pada Jscript, atau hanya pada Netscape Navigator jika kita mengacu pada JavaScript versi Netscape saja.

ECMA (Europan Computer Manufacturers Association) didirikan pada tahun 1961, awalnya adalah asosiasi pabrik industri di Eropa, dan kini dikenal dengan nama ECMA internasional, merupakan asosiasi industri untuk standardisasi sistem informasi dan komunikasi.

ECMAScript diimplementasikan oleh browser-browser, seperti Mozilla dan Opera. DMDScript adalah ECMAScript yang diimplementasikan oleh perusahaan Digital Mars agar dapat menggantikan Jscript, di lingkungan browser Internet Explorer.



0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.