Macromedia Flash MX 2004

Share On :


Macromedia flash adalah sebuah program animasi yang telah banyak digunakan oleh para desainer untuk menghasilkan desain yang professional. Diantara program-program animasi, program Macromedia Flash merupakan program yang paling flexsibel untuk keperluan pembuatan animasi sehingga banyak yang menggunakan program ini. Macromedia Flash berguna untuk membuat animasi, baik animasi interaktif maupun animasi non-interaktif. Program Macromedia Flash sangar bermanfaat bagi para seniman desain untuk menuangkan ide-idenya ke dalam sebuah animasi gerak atau visual. 
 
A. Lingkungan Pengembangan Aplikasi Flash MX 2004
Setelah Flash MX 2004 di instal baru flash bisa dijalankan, akan muncul sebuah layar Flash, layar tersebut adalah pengembangan dari Flash yang nantinya akan digunakan untuk membuat program-program aplikasi dengan Flash
1. Main Menu
Main menu terdiri dari dua komponen yaitu Menu Bar dan Title Bar. Menu Bar berisi perintah-perintah yang ada pada Flash sedangkan Title Bar akan menampilkan proyek Flash MX yang sedang dikerjakan.
2. Stage
Dokumen atau layar yang akan digunakan untuk meletakkan objek-objek dalam Flash.
3. Timeline
Pada panel timeline ini terdapat dua komponen penting dari flash yaitu layer dan frame, dalam penggunaannya pun memadukan keduanya layer (lapisan) dan Frame (dalam satuan waktu),
4. Properties
Untuk mengatur setting dari layer dan merupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel untuk lebuh mempercepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek, animasi, frame dan komponen secara langsung.
5. Panels
Berisi kontrol fungsi yang dipakai dalam flash, yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dari objek atau animasi secara cepat dan mudah.
6. Actions
Berisikan semua action script pada flash dituliskan yang merupakan pengontrol movie yang dibuat, action script bisa diterapkan pada frame, movie clip, dan button. Ini bisa digunakan untuk pengaturan movie dari mulai memainkan, berhenti, movieclip dan sound control, dan lain-lain.
7. Help
Berisikan bantuan-bantuan dan juga dasar-dasar flash dan actionscript yang bisa digunakan didalam Flash seperti create a new dokument, dan lai-lain.
8. Tools
Berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih dan memanipulasi objek atau isi yang terdapat di layar (stage) dan timeline.

B. Fungsi-fungsi dari tools :
1. Arrow ; berfungsi untuk memilih dan memindahkan objek
2. Subselection ; berfungsi untuk memilih titik-titik pada suatu objek atau garis
3. Line ; berfungsi untuk membuat garis
4. Lasso ; berfungsi untuk memilih sebagian dari objek atau bagian tertentu dari objek
5. Pen ; berfungsi untuk menggambar garis-garis lurus maupun kurva
6. Text ; berfungsi untuk menulis text
7. Oval ; berfungsi untuk membuat lingkaran atau elips
8. Rectangle : berfungsi untuk membuat persegi atau kotak
9. Pencil ; berfungsi untuk menggambar garis-garis bebas dan bentuk seperti yang dilakukan pensil biasa.
10. Brush ; berfungsi seperti kuas untuk mencat suatu objek
11. Free transform ; berfungsi untuk mengubah atau memodifikasi bentuk objek, bisa berupa pembesaran atau pengecilan ukuran objek, pemutaran objek dan lain-lain
12. Fill transform ; berfungsi untuk mengatur ukuran, dan arah dari warna, gradasi atau bidang
13. Ink bottle ; berfungsi untuk menambah, memberi dan mengubah warna pada garis dipinggir objek
14. Paint bucket  ; berfungsi menambah, memberi dan mengubah warna pada suatu bidang (fill)
15. Eyedropper ; untuk mengidentifikasikan warna atau garis dalam sebuah objek
16. Eraser ; berfungsi untuk menghapus area yang tidak diinginkan
17. Hand ; berfungsi untuk untuk memindahkan stage (layar)
18. Zoom ; berfungsi untuk memperbesar layar (stage)
19. Stroke color ; berfungsi untuk mengubah warna garis pinggir objek
20. Fill color ; berfungsi untuk mengubah warna pada objek

C. Metode Objek Suara
Suara (Sound) merupakan unsur yang sangat penting dalam sebuah animasi. Dalam animasi suara bisa digunakan sebagai suara latar atau sebagai pengiring animasi yang akan menambah daya tarik animasi tersebut. Adapun format suara yang bisa dimasukan ke Flash adalah WAV, MP3 (Windows), dan AiFF (Macintosh). Dengan metode objek suara sebagai berikut :
1. Sound.attachSound( ; Memuat suara yang dituliskan dalam parameter.
2. Sound.getBytesLoaded () ; Mengembalikan ukuran suara dalam satuan bytes.
3. Sound.getPan() ; Mengembalikan nilai setPan() yang dipanggil. Nilai -100 berarti kiri, sedangkan nilai 100 berarti kanan. Nilai 0 meneset kiri dan kanan sama seimbangnya.
4. Sound.getTransform() ; Mengendalikan nilai setTransform() yang dipanggil.
5. Sound.getVolume() ; Mengendalikan nilai setVolume yang dipanggil.
6. Sound.loadSound() ; Memuat suatu file MP3 ke dalam Flash Player.
7. Sound.setPan() ; Mengeset keseimbangan suara ke kiri atau ke kanan.
8. Sound.setTransform() ; Mengeset besar suatu channel,kiri dan kanan,untuk dimainkan oleh setiap speaker.
9. Sound.setVolume() ; Mengeset volume level dari suatu speaker.
10. Sound.start() ; Mulai memainkan suatu suara dari awal sampai habis, atau offset yang telah diset parameter
11. Sound.stop() ; Stop spesifikasi sound atau semua suara yang sedang dimainkan.

0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.