Kerangka PIECES

Share On :



Kerangka PIECES (performance, information, economy, control, efficiency, and services) adalah salah satu tools yang digunakan dalam melakukan analisa/studi kelayakan operasional. Kerangka ini diciptakan oleh James Watherbe dan berfungsi untuk mengidentifikasi permasalahan yang harus diselesaikan, dan urgensinya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai komponen-komponen dalam kerangka tersebut: 

Performance, berkaitan dengan bagaimana sistem yang berjalan bekerja dalam periode waktu tertentu. Pada performance juga dianalisis penggunaan waktu oleh sistem apakah efektif dan efisien, dikarenakan hal ini akan berpengaruh kepada hasil kerja dari sistem berjalan. 

Information, informasi merupakan bagian penting dalam sistem karena didalamnya terdapat data – data yang akan diolah untuk menjadi sebuah laporan untuk pengambilan keputusan ataupun informasi lebih lanjut. Informasi yang dikeluarkan oleh sistem berjalan harus memiliki data yang relevan, valid, dan up to date. Didalam analisa informasi harus dilihat apakah informasi yang dihasilkan cukup sesuai kebutuhan dan relevan, informasi dapat di pahami bentuknya, dan ketepatan penyampaian informasi tersebut. 

Untuk informasi yang di ambil atau di input dianalisa apakah ada pengambilan data yang tidak valid, pengambilan data tidak sesuai dengan waktunya, dan apakah pengambilan data sesuai dengan kebutuhan atau ada data yang terbuang dalam penggunaannya. 

Informasi yang telah diambil selanjutnya akan disimpan ke dalam sebuah file atau media digital untuk proses selanjutnya. Pada proses penyimpanan informasi atau data diperhatikan dianalisa pula apakah data yang disimpan berlebihan atau tidak sesuai dengan kebutuhan sistem berjalan, data tidak tersimpan secara akurat, tempat penyimpanan data yang tidak aman, apakah data tersebut fleksibel dalam penggunaannya, dan terakhir apakah pengaksesan data atau informasi tersebut mudah. 

Economy, dalam sisi ekomoni dianalisa apakah biaya penggunaan sistem berjalan sesuai dengan anggaran, apakah sesuai dengan informasi ataupun kinerja sistem. Dari segi keuntungan


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.