Teknik Analisis SDLC

Share On :



Pengembangan sistem siklus hidup (SDLC), atau siklus hidup pengembangan perangkat lunak dalam sistem rekayasa , sistem informasi dan rekayasa perangkat lunak , adalah proses menciptakan atau mengubah sistem informasi, dan model dan metodologi yang digunakan orang untuk mengembangkan sistem ini.

Dalam rekayasa perangkat lunak konsep SDLC mendasari berbagai jenis metodologi pengembangan perangkat lunak . Metodologi ini membentuk kerangka kerja untuk perencanaan dan pengendalian penciptaan sistem informasi [1] : dalam proses pengembangan perangkat lunak .Pengembangan Sistem Siklus Hidup kerangka memberikan urutan kegiatan untuk desainer sistem dan pengembang untuk mengikuti. Ini terdiri dari serangkaian langkah atau fase di mana setiap fase dari SDLC menggunakan hasil sebelumnya.

Sebuah Pengembangan Sistem Life Cycle (SDLC) mematuhi tahapan penting yang penting bagi para pengembang, seperti perencanaan , analisis , desain , dan implementasi , dan dijelaskan dalam bagian di bawah ini. Sejumlah siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) model telah diciptakan: air terjun, air mancur, spiral, membangun dan memperbaiki, prototyping cepat, incremental, dan sinkronisasi dan menstabilkan. Tertua dari ini, dan yang paling terkenal, adalah model air terjun : urutan tahap di mana output dari setiap tahap menjadi masukan untuk selanjutnya. Tahapan-tahapan ini dapat dicirikan dan dibagi dalam berbagai cara, termasuk yang berikut [6] :
  • Perencanaan proyek, studi kelayakan: Menetapkan tampilan tingkat tinggi dari proyek dimaksud dan menentukan tujuannya.
  • Analisis sistem, persyaratan definisi: Mendefinisikan tujuan proyek menjadi fungsi didefinisikan dan operasi dari aplikasi dimaksud. Menganalisa kebutuhan pengguna akhir informasi.
  • Sistem desain: Menggambarkan fitur yang diinginkan dan operasi secara rinci, termasuk layar layout, aturan bisnis, diagram proses, pseudocode, dan dokumentasi lainnya.
  • Pelaksanaan: Kode yang sebenarnya ditulis di sini.
  • Integrasi dan pengujian: Membawa semua potongan ke dalam lingkungan pengujian khusus, kemudian memeriksa untuk kesalahan, bug dan interoperabilitas.
  • Penerimaan, instalasi, penyebaran: Tahap akhir pengembangan awal, di mana perangkat lunak yang dimasukkan ke dalam produksi dan menjalankan bisnis yang sebenarnya.
  • Pemeliharaan: Apa yang terjadi selama sisa hidup perangkat lunak: perubahan, koreksi, penambahan, pindah ke platform komputasi yang berbeda dan lebih. Langkah ini, yang paling glamor dan mungkin yang paling penting dari semua, tampaknya berlangsung selamanya.
Pada contoh berikut (lihat gambar) ini tahap siklus hidup pengembangan sistem dibagi dalam sepuluh langkah dari definisi untuk penciptaan dan modifikasi dari kerja IT produk.

Manajemen dan kontrol
Fase SDLC berfungsi sebagai panduan program untuk kegiatan proyek dan menyediakan cara yang fleksibel tetapi konsisten untuk melakukan proyek ke kedalaman yang cocok dengan lingkup proyek. Masing-masing fase SDLC tujuan dijelaskan di bagian ini dengan kiriman kunci, deskripsi tugas yang direkomendasikan, dan ringkasan tujuan pengendalian terkait untuk manajemen yang efektif. Hal ini penting bagi manajer proyek untuk membangun dan memantau tujuan kontrol selama setiap fase SDLC ketika menjalankan proyek. Tujuan pengendalian membantu memberikan pernyataan yang jelas dari hasil yang diinginkan atau tujuan dan harus digunakan di seluruh proses SDLC keseluruhan. Tujuan pengendalian dapat dikelompokkan menjadi kategori utama (domain), dan berhubungan dengan fase-fase SDLC seperti yang ditunjukkan pada gambar.



Untuk mengelola dan mengendalikan setiap inisiatif SDLC, setiap proyek akan diminta untuk membentuk beberapa derajat dari Breakdown Struktur Kerja (WBS) untuk menangkap dan jadwal pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek. WBS dan semua materi program harus disimpan di bagian "proyek deskripsi" dari notebook proyek. Format WBS adalah sebagian besar diserahkan kepada manajer proyek untuk membangun dengan cara yang paling tepat menggambarkan pekerjaan proyek. Ada beberapa area kunci yang harus didefinisikan dalam WBS sebagai bagian dari kebijakan SDLC. Diagram berikut ini menjelaskan tiga bidang utama yang akan dibahas dalam WBS dengan cara yang ditetapkan oleh manajer proyek. 

Kerja rincian organisasi terstruktur
Bagian atas dari struktur rincian kerja (WBS) harus mengidentifikasi tahapan dan tonggak utama dari proyek dalam mode ringkasan. Selain itu, bagian atas harus memberikan gambaran tentang ruang lingkup penuh dan jadwal waktu proyek dan akan menjadi bagian dari upaya awal proyek deskripsi yang mengarah ke persetujuan proyek. Bagian tengah WBS didasarkan pada tujuh siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) tahapan sebagai panduan untuk pengembangan tugas WBS. Unsur-unsur WBS harus terdiri dari tonggak dan "tugas" sebagai lawan dari "kegiatan" dan memiliki jangka waktu yang pasti (biasanya dua minggu atau lebih). Setiap tugas harus memiliki output yang terukur (mantan dokumen, keputusan, atau analisis). Sebuah tugas WBS dapat mengandalkan pada satu atau lebih kegiatan (misalnya rekayasa perangkat lunak , rekayasa sistem ) dan mungkin memerlukan koordinasi erat dengan tugas-tugas lain, baik internal maupun eksternal untuk proyek tersebut. Setiap bagian dari proyek yang memerlukan dukungan dari kontraktor harus memiliki pernyataan kerja(SOW) ditulis untuk mencakup tugas-tugas yang sesuai dari fase SDLC. Pengembangan SOW tidak terjadi selama fase tertentu SDLC tetapi dikembangkan untuk menyertakan kerja dari proses SDLC yang dapat dilakukan oleh sumber daya eksternal seperti kontraktor dan struct. [8]

Baseline dalam SDLC
 Baseline merupakan bagian penting dari siklus hidup pengembangan sistem (SDLC). Baseline ini ditetapkan setelah empat dari lima tahapan dari SDLC dan sangat penting untuk sifat iteratif dari model. [9] Setiap awal dianggap sebagai tonggak dalam SDLC.
  • dasar fungsional: didirikan setelah tahap desain konseptual.
  • dasar dialokasikan: didirikan setelah tahap desain awal.
  • dasar produk: didirikan setelah detail desain dan tahap pengembangan.
  • dasar produk diperbarui: didirikan setelah tahap konstruksi produksi.
Melengkapi SDLC
Pelengkap metode pengembangan perangkat lunak dengan siklus hidup pengembangan sistem (SDLC) adalah:
  • Software prototyping
  • Bersama pengembangan aplikasi (JAD)
  • Pengembangan aplikasi cepat (RAD)
  • Ekstrim pemrograman (XP); perpanjangan pekerjaan sebelumnya di Prototyping dan RAD.
  • Open-source pengembangan
  • Akhir-pengguna pengembangan
  • Pemrograman berorientasi obyek
Kekuatan dan kelemahan
Hanya sedikit orang di dunia komputasi modern akan menggunakan ketat model air terjun untuk hidup pengembangan sistem siklus mereka (SDLC) sebagai metodologi modern telah digantikan pemikiran ini. Beberapa akan berpendapat bahwa SDLC tidak lagi berlaku untuk model seperti komputasi Agile, tetapi masih istilah yang secara luas digunakan di kalangan teknologi.

Praktek SDLC memiliki keunggulan dalam model pengembangan perangkat lunak tradisional, yang cocok untuk lingkungan yang lebih terstruktur. Kelemahan menggunakan metodologi SDLC adalah ketika ada kebutuhan untuk pengembangan iteratif atau (yakni pengembangan web atau e-commerce) dimana stakeholders harus meninjau secara rutin perangkat lunak yang dirancang. Alih-alih melihat SDLC dari perspektif kekuatan atau kelemahan, itu jauh lebih penting untuk mengambil praktek-praktek terbaik dari model SDLC dan menerapkannya ke apapun mungkin paling sesuai untuk perangkat lunak yang dirancang.

Suatu perbandingan kekuatan dan kelemahan dari SDLC:
Kekuatan dan Kelemahan dari SDLC Kekuatan Kelemahan

Sebuah alternatif untuk SDLC adalah pengembangan aplikasi yang cepat , yang menggabungkan prototyping, pengembangan aplikasi bersama dan pelaksanaan CASE tools.Keuntungan dari RAD adalah kecepatan, biaya pembangunan dikurangi, dan keterlibatan pengguna aktif dalam proses pembangunan.


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.