Konsep Pengolahan Citra Digital

Share On :



Konsep Pengolahan Citra Digital, pengolahan citra digital merupakan mata kuliah pada semester VII di kampus kami, hari hari ini merupakan hari yang melelahkan bagi semua mahasiswa di kampus yang tempatnya di tengah tengah pemukiman desa ini, karena melakukan Ujian Tengah Semester.

disini saya akan share soal dan kunci jawaban dari mata kuliah pengelohan citra digital
1. Penjelasan singkat dan inofatif sesuai kaidah pengetahuan proses tentang Pengolahan Citra (image Processing), Grafika Komputer (computer Grafik), computer vision (computer Vision), ) kecerdasan buatan (artificiall intelligence)
Jawab:
a. Citra (image Processing)
Pengolahan citra merupakan proses pengolahan dan analisis citra yang banyak melibatkan persepsi visual. Proses ini mempunyai ciri data masukan dan informasi keluaran yang berbentuk citra. Istilah pengolahan citra digital secara umum didefinisikan sebagai pemrosesan citra dua dimensi dengan computer.

b. Grafika Komputer (computer Grafik)
Grafika komputer (Computer graphics) adalah salah satu cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan pembuatan dan manipulasi gambar visual secara digital. Bentuk dari grafik komputer ini berawal dari grafika komputer 2D yang merupakan bentuk sederhana dari grafik komputer ini.

c. Computer vision (computer Vision)
Computer Vision adalah ilmu dan teknologi mesin yang melihat, di mana lihat dalam hal ini berarti bahwa mesin mampu mengekstrak informasi dari gambar yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Sebagai suatu disiplin ilmu, visi komputer berkaitan dengan teori di balik sistem buatan bahwa ekstrak informasi dari gambar.

d. Kecerdasan buatan (artificiall intelligence)
Artificial Intelligence atau AI didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

2. Gambar bentuk ilustrasi dari 4 3 bidang studi kajian tersebut
1. Aplikasi Pengolahan Citra
* Bidang perdagangan (barcode)
* Bidang militer ( mengenali sasaran peluru kendali melalui sensor visual dan mengnali jenis pesawat musuh)
* Bidang kedokteran (pengolahan citra sinar X untuk mammografi(mendeteksi kanker payudara), foto sinar X, foto janin hasil USG)
* Bidang biologi (pengenalan kromosom dengan menggunakan mikroskopik)
* Hokum (pengenalan sidik jari nara pidana )
* Dll.

2. Aplikasi computer grafik
* Grafik Presentasi
* Computer Art
* Film

3. Aplikasi computer VisioN
* Pengendalian proses (misalnya robot industry atau kendaraan otonom)
* Mendeteksi Peristiwa (misal pengawasan visual atau orang menghitung)
* Mengorganisir informasi (pengindexkan database gambar maupun photo secara berurutan)
* Interaksi (sebagai input ke perangkat untuk interaksi computer dengan manusia)

Kuantisai / Digitisasi Citra
Apa yang saudara ketahui proses digitalisai data citra digital ! mohon sebutkan 2 proses tersebut dan jelaskan serta berikan contoh pada masing-masing proses digitalisai tersebut !
• Citra digital merupakan fungsi intensitas cahaya f(x,y), dimana harga x dan y merupakan koordinat spasial dan harga fungsi tersebut pada setiap titik (x,y) merupakan tingkat kecemerlangan atau ntensitas cahaya citra pada titik tersebut;
• Citra digital adalah citra f(x,y) dimana dilakukan diskritisasi koordinat spasial (sampling) dan diskritisasi tingkat kecemerlangannya/keabuan (kwantisasi);
• Citra digital merupakan suatu matriks dimana indeks baris dan kolomnya menyatakan suatu titik pada citra tersebut dan elemen matriksnya (yang disebut sebagai elemen gambar / piksel / pixel / picture element / pels) menyatakan tingkat keabuan pada titik tersebut.

Ada 2 proses digitalisasi yakni :
1. sampling merupakan proses pengambilan nilai diskrit koordinat ruang (x,y) dengan melewatkan citra melalui grid (celah)
2. kuantisasi merupakan proses pengelompokkan nilai tingkat keabuan citra kontinu ke dalam beberapa level atau merupakan proses membagi skala keabuan (0,L) menjadi G buah level yg dinyatakan dengan suatu harga bilangan bulat (integer), dinyatakan sebagai G = 2m G : derajat keabuan, m : bil bulat positif

itu sedikit tugas yang saya dapat dari mata kuliah pengolahan citra digital. semoga membantu buat teman-teman yang sedang membutuhkan


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.