Berbagai aplikasi yang berbahasa pemrograman java

Share On :
Java, di Indonesia sering dikaitkan dengan dengan aplikasi yang ada pada komputer dan handphone, seperti bahasa pemograman Java, platform Java, dan aplikasi yang dibuat dari bahasa pemograman java yang berjalan di atas platform java.

Program aplikasi java – bahasa pemograman java
Seluruh program aplikasi java dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman java. Bahsa pemograman java adalah bahasa pemograman yang dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystem yang kini menjadi perusahaan subsider milk Oracle Corporation. Bahasa ini dirilis pada 1995 dan menjadi komponen inti pada platform java yang dibuat oleh Sun Microsystems.

Program aplikasi – platform java
Sebagai platform, java dikenal sebagai JVM atau Java Virtual Machine. Disebut Virtual Machine karena memang konsepnya mirip dengan sebuah emulator. Sebelum menjalankan aplikasi Java, sistem operasi harus memiliki dulu runtime untuk Java Virtual Machine. Apabila ini sudah terinstal, Anda bebas menjalankan aplikasi Java apapun.

Program aplikasi java
Aplikasi atau program yang dibangun menggunakan bahasa pemograman java disebut java application. Keunggulan program aplikasi java dibandingaplikasi yang dibangun menggunakan bahasa lain adalah kompatibilitasnya yang luas dan beragam platform dan sistem operasi.

Beberapa contoh program aplikasi java
1. Program aplikasi java untuk browsing
Opera mini dan ucweb bisa jadi merupakan salah satu program aplikasi java untuk keperluan browsing yang paling terkenal. Opera mini sendiri adalah hasil impor program opera yang juga cukup populer di platform PC, yang awalnya merupakan aplikasi java yang akhirnya dipatenkan menjadi aplikasi platorm tertentu.

2. Program aplikasi java untuk instant messenger
eBuddy adalah salah satu program aplikasi java yang paling populer di kalangan pecinta instant messenger. Sejatinya, eBuddy lebih tepat disebut aplikasi messenger.

Messenger adalah jenis aplikasi yang membantu penggunanya berkirim-kiriman pesan dengn orang lain yang memiliki suatu akun yang didaftarkan pada domain yang sama, seperti Yahoo Messenger atau Facebook.

3. Program aplikasi java untuk membuat dokumen
ThinkFree Office merupakan salah satu program aplikasi java yang memang tidak setenar Opera mini maupun eBuddy. Aplikasi office suite yang mirip dengan Microsoft Office ini dibangun menggunakan bahasa java. Aplikasi dibuat oleh Haansoft Thinkfree Co, Ltd, anak perusahaan dari Haansoft Corporation. Aplikasi ini memiliki dua versi: online dan offline.

Kedua versi ini hampir sama, bedanya hanya pada keperluan koneksi internet. Selain itu harganya cukup murah dapat dijadikan pilihan untuk menyaingi Microsoft Office yang harganya masih selangit.

4. Program aplikasi java utility
Program aplikasi java utility ini merupakan berbagai aplikasi yang diciptakan java untuk melengkapi hardware yang dipasanginya. Beberapa program aplikasi java yang termasuk ke dalam kategori utulity, di antaranya BengFM, dros, dros_Halmer, FileExplorer, File_Protect, dll.

5. Program aplikasi java lainnya
Berbagai program aplikasi java tidak terbatas pada apa yng dibahas pada poin sebelumnya saja. Masih ada berbagai program aplikasi java lain yang bisa digunakan untuk beragam keperluan, seperti calculator, MobileMaths_V16, Worldmate, dll.


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.