CMS (Content Management System)

Share On :
CMS atau Content Management System adalah sebuah sistem untukmemanajemen sebuah website yang berbasis konten yang berguna untukmembuat, menghias dan memodifikasi sebuah web dimana sedemikian sehinggamemberikan kemudahan bagi pengembang atau admin untuk setiap saatmemaintain konten dalam web melalui sebuah administrator denganmenggunakan web browser (IE, Opera, Mozilla dsb) sehingga waktu yangdiperlukan lebih efisien . Sebaliknya, sebuah situs standar (non-CMS) bersifattetap atau statis, dimana perubahan yang dilakukan memerlukan waktu lebih lamadan lebih sulit. Beberapa aplikasi web CMS yang dapat kita pilih, contohnyaMamboo, Joomla, XOOPS, Drupal, Moodle dan lainnya.

Manfaat CMS
Selain dari beberapa hal yang telah disebutkan di atas, CMS juga dapatmemberikan sejumlah manfaat kepada penggunanya. Beberapa manfaat dapatdijabarkan sebagai berikut:

1. Manajemen Data
Manajemen data merupakan fungsi utama dari CMS. Semua data atauinformasi baik yang telah ditampilkan maupun yang belum ditampilkandapat diorganisasi dan disimpan secara baik.

2. Pengaturan Siklus Hidup Situs web
Banyak CMS memberikan fasilitas kepada para penggunanya untukmengelola bagian atau isi yang akan ditampilkan, masa atau waktu penampilan dan lokasi penampilan di situs web. Tak jarang sebelumditampilkan, bagian atau isi yang dimaksud terlebih dahulu dikaji (review) oleh editor sehingga dijamin validitasnya.

3. Web Templating dan Standarisasi
Setiap halaman situs web yang dihasilkan berasal dari template yang telahterlebih dahulu disediakan oleh CMS. Oleh karena itu dapat menjagakonsistensi dari tampilan secara keseluruhan.

4. Personalisasi Situs web
Sekali sebuah isi ditempatkan ke dalam CMS, isi tersebut dapatditampilkan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya.Terlebih lagi dengan kelebihan CMS yang dapat memisahkan antara desain dan isi, menyebabkan proses personalisasi dapat berjalan dengan mudah.

5. Sindikasi
Sindikasi memberikan kemungkinan kepada sebuah situs web untukmembagi isinya kepada situs web-situs web yang lain. Format data yangdidukung juga cukup variatif, mulai dari rss, rdf, xml hingga backendscripting.

6. Akuntabilitas
Oleh karena CMS mendukung alur kerja dan hak akses yang jelas kepadapara penggunanya, data atau informasi yang disampaikan dapatdipertanggungjawabkan dengan baik. Setiap penulis ataupun editormemiliki tugas masing-masing dengan hak akses yang berbeda-beda pula.Dengan demikian setiap perubahan yang terjadi di situs web dapatditelusuri dan diperbaiki seperlunya dengan segera.


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.