Membuat File Teks Tersembunyi Dengan Notepad

Share On :



Pernahkah teman-teman membayangkannya membayangkan saja– bahwa Notepad, teks editor sederhana yang sudah ada sejak Windows 3.1.1 itu punya fungsi yang mengagumkan? teman-teman mungkin tidak percaya jika program sesederhana Notepad bisa memberikan fungsi yang tidak mudah ditemukan program lain, yakni menyembunyikan file teks yang dalam file .TXT yang sebenarnya. Ya, menyembunyikan teks dalam suatu file .TXT sehingga apa yang tampil dalam file tersembunyi ini tidak akan tampil jika hanya dibuka dengan Notepad seperti biasa. Bahkan dengan berbagai program pengolah dan penampil teks dalam Asosiasi file WindowsXP!

Untuk membuat file semacam ini, kita akan bermain-main sedikit dengan DOS. Ya, tentu saja tidak dengan cara biasa.

Peringatan:
Sebelumnya saya perlu ingatkan kepada teman-teman untuk mengingat betul-betul nama file hidden teman-teman karena file rahasia tersebut hanya bisa membuka file dengan benar jika teman-teman ingat nama filenya dengan persis.

Untuk membuat file rahasia yang kita bahas, ikuti langkah berikut:

1. Jalankan Ms. DOS dari Start > Run > ketik CMD dan tekan [Enter].

2. Biasanya, secara otomatis Windows akan menempatkan teman-teman di C:\Documents and Settings\Nama-user-teman-teman. Gunakan perintah standar DOS untuk menuju folder yang teman-teman inginkan. Sekedar untuk menyegarkan ingatan teman-teman, berikut perintah terkait yang bisa teman-teman gunakan:
CD (nama-folder) [Enter] : untuk masuk ke (nama folder) teman-teman. Misal: CD dokumen [Enter]
DIR [Eenter]: menampilkan daftar file dalam folder dimana teman-teman berada.
(nama drive): [Enter]: pindah ke (nama drive) yang teman-teman inginkan. Misal, untuk pindah ke drive D:, ketik D: [Enter].
 
3. Selanjutnya, ketik perintah berikut:
notepad FileAsli.txt:FileRahasia.txt [Enter] atau
notepad FileAsli.txt:FileRahasia [Enter]
teman-teman akan diminta konfirmasi Create a New File? Klik Yes seperti gambar berikut.
Keterangan:
teman-teman bisa mengganti nama file FileAsli.txt menjadi nama file yang teman-teman inginkan. Perhatikan bahwa dua nama file tersebut dipisahkan oleh ada tanda : . Dalam contoh di atas Saya membuat file rahasia bernama FileRahasia.txt di dalam FileAsli.txt.
4. Sekarang teman-teman bisa memasukkan teks teman-teman dalam file rahasia. Akhiri dengan menyimpan file dan tutup Notepad.

5. Lihat lokasi penyimpanan file dengan Windows Explorer. teman-teman akan menemukan FileAsli.txt yang tidak tersembunyi di sana. Buka seperti biasa dengan Notepad dan teman-teman tidak akan menemukan teks apapun di sana. Sampai di sini proses pembuatan file rahasia teman-teman sudah selesai. Namun untuk mengalihkan perhatian orang yang tidak teman-teman inginkan, tambahkan teks normal yang teman-teman pilih. Akhiri dengan menyimpan teks dan tutup Notepad.
6. File teks bernama FileRahasia.txt tidak akan terlihat dalam Windows Explorer maupun DOS.Untuk membuka atau meng-edit kembali file rahasia teman-teman, Ketik perintah seperti pada langkah nomor-3 di atas dalam Ms. DOS.
notepad FileAsli.txt:FileRahasia.txt [Enter] atau
notepad FileAsli.txt:FileRahasia [Enter]
Dengan cara di atas, teman-teman sudah berhasil membuat file rahasia. File tersebut hanya akan menampilkan teks normal jika dibuka dengan Notepad seperti biasa. Namun dibalik itu dengan sedikit trik teman-teman bisa membuka file rahasia teman-teman dan hanya teman-teman sendiri yang tahu



0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.