Pengertian JavaScript

Share On :
JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program yang digunakan agar dokumen HTML yang ditampilkan dalam browser menjadi lebih interktif, tidak hanya sekedar indah saja. JavaScript memberikan beberapa fungsionalitas ke dalam halaman web, sehingga dapat menjadi sebuah program yang disajikan menggunakan antarmuka web.

JavaScript merupakan bahasa script, bahasa yang tidak memerlukan kompiler untuk menjalankannya, cukup dengan interpreter. Tidak perlu proses kompilasi terlebih dahulu agar program dapat dijalankan. Salah satu contoh interpreter adalah browser Web Nestcape Navigator dan Internet Explorer, alasannya adalah karena kedua browser tersebut dilengkapi dengan interpreter JavaScript. Hanya saja, tidak semua web browser itu dapat menjadi interpreter Javascript, karena tidak semua web browser dilengkapi dengan interpreter JavaScript.

JavaScript adalah bahasa yang ringan dan mudah digunakan. Dengan adanya JavaScript, sebuah web tidak hanya menjadi halaman data dan informasi saja, akan tetapi dapat menjadi program antar muka suatu program aplikasi dan antarmuka web.

Pada umumnya, program Java Script merupakan program yang ditanamkan atau disisipkan ke dalam halaman web. Hal ini menjadikan halaman web menjadi sebuah aplikasi yang berjalan di dalam browser web.

JavaScript muncul sebagai jawaban atas tantangan dari pengakses web yang mengharapkan halaman web yang diaksesnya lebih dinamis. Dokumen atau halaman web, tidak sekedar digunakan untuk menampilkan data dan informasi saja, akan tetapi dapat digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem informasi. Hal ini disebabkan karena awal dari teknologi perkembangan web, halaman web hanya sekedar informasi yang statis, tidak memiliki daya tarik lain, selain hanya informasi yang ditampilkan saja.

Model dinamis yang diinginkan oleh pengguna web adalah halaman web yang juga bisa digunakan sebagai suatu aplikasi, sebagaimana aplikasi dalam suatu operating sistem (aplikasi atau program berbasis teks atau windows).



0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.