Sistem Terdistribusi Perpustakaan

Share On :
Sistem terdistribusi adalah suatu system yang terkomputeri dimana system tersebut terhubung dengan system yang lain melalui sebuah jaringan computer yang saling berkomunikasi menggunakan message pasing dan memiliki koordinasi proses melalui pesan sinkron atau asinkron.

UPT Perpustakaan Universitas Jendral Soedirman memiliki kerja sama dengan UPT Perpustakaan dengan Universitas yang berada di Jawa Tengah. Misalnya Universitas Pangeran Diponegoro, Universitas Gajah Mada dan Universitas lainnya yang masih berada di Profinsi Jawa Tengah. Kerjasama tersebut adalah setiap anggota perpustakaan masing-masing Universitas yang sudah terdaftar dapat meminjam buku di perpustakaan universitas yang menjalin kerja sama. Setiap anggota yang terdaftar maka akan memiliki kartu anggota yang nantinya bisa di cek melalui barcode yang tertera pada kartu anggota.

System yang digunakan oleh kumpulan universitas tersebut adalah menggunakan system terdistribusi. Dimana setiap ada pengguna yang mendaftar untuk mendaftar anggota luar biasa maka system pada universitas tersebut memberikan update data pada universitas yang lainnya. Misalnya seseorang bernama Nur Ichsan mendaftarkan diri menjadi anggota perpustakaan di Universitas Jendral Soedirman maka dengan sendirinya Nur Ichsan akan terdaftar sebagai anggota luar biasa pada Universitas yang menjalin kerja sama tersebut. Berikut gambaran system tersebut :
Ket : (menunjukan aliran informasi)

Jika Server di Unsoed melakukan perubahan anggota perpustakaan maka server unsoed akan mengirimkan informasinya ke server yang ada pada server UGM dan server Undip. Begitu juga pada server-server yang lain. Jika mereka melakukan perubahan maka akan melakukan back-up data ke server unsoed.


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.