Tips Belajar Efektif

Share On :



Mungkin Anda pernah berpikir, mengapa usaha belajar yang telah dilakukan mulai dari pagi, siang, sampai dengan malam hari, tetap tidak membuahkan hasil yang baik. Anda tetap saja lupa, bingung dan tidak memahami materi yang sedang dipelajari. Mungkin pada saat itu Anda telah hafal, namun pada keesokan harinya Anda telah merasa kesulitan untuk mengingatnya kembali atau tidak mampu memecahkan suatu persoalan berdasarkan materi yang telah dipelajari sebelumnya.

Jika Anda merupakan salah satu orang yang mengalaminya, berikut ini terdapat beberapa tips yang dapat Anda simak untuk mengefektifkan cara belajar. Apa saja?

Berdoa sebelum belajar
Ini sangat penting agar kita dimudahkan dalam proses belajar. Selain itu berdoa juga bermanfaat agar semua yang dilakukan dapat bermanfaat dan tidak sia sia.

Pilih waktu yang tepat
Anda sebaiknya memilih waktu yang tepat untuk belajar, entah itu pagi, siang atau malam. Hal tersebut bertujuan untuk membuat situasi yang terbaik atau nyaman, sehingga Anda dapat lebih mudah fokus dan berkonsentrasi.

Suasana yang tenang
Suasana juga merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika sedang belajar. Suasana belajar tidak boleh gaduh dan sebaiknya dalam keadaan yang tenang, sehingga konsentrasi belajar tidak terganggu oleh suara-suara yang dapat mengalihkan perhatian. Dengan keadaan yang rileks dan tenang, maka diharapkan materi yang sedang dipelajari dapat lebih mudah dicerna dan dipahami.

Tempat yang nyaman
Untuk dapat belajar secara efektif, usahakan tempat yang digunakan memiliki tingkat kenyamanan yang baik, di mana Anda dapat belajar secara rileks dan materi yang dipelajari dapat lebih mudah dimengerti.

Sedikit demi sedikit
BukuKetika belajar, sebaiknya jangan sekaligus, tetapi dilakukan sedikit demi sedikit alias secara bertahap. Hal ini penting Anda lakukan, karena belajar secara sekaligus (dengan materi ajar yang berlebihan) tidak akan memberikan hasil yang efektif. Alih-alih, hal tersebut dapat membuat otak menjadi menjadi cepat lelah karena tidak mampu mencerna informasi yang terlalu banyak. Pada akhirnya, Anda dapat merasa tertekan, bahkan dalam keadaan tertentu Anda dapat merasakan depresi atau merasa jatuh (down).

Membuat ringkasan
Ringkasan dapat memudahkan Anda dalam belajar dan menghafal atau memahami. Dengan membuat ringkasan, maka setidaknya Anda telah membaca materi yang sedang dipelajari, untuk kemudian menuliskannya kembali. Otak secara tidak langsung merekam informasi yang sedang Anda ringkas, sehingga Anda akan lebih mudah mengingatnya.

Membuat kelompok belajar
Dengan dibentuknya kelompok belajar, maka akan memudahkan Anda sewaktu menghadapi pertanyaan atau masalah yang tidak dapat diselesaikan sendiri. Kelompok belajar memungkinkan Anda untuk dapat saling bertukar pikiran dan berdiskusi antar anggota kelompok, sehingga informasi dapat digali sedalam-dalamnya.
Namun satu hal yang pasti, Anda harus selektif dalam memilih anggota kelompok belajar. Mengapa? Karena jika Anda salah memilih kelompok belajar, bukannya belajar, alih-alih Anda hanya akan keasyikkan mengobrol dan kehilangan banyak waktu yang berharga.


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.