Definisi :
Sistem Komputer yang interaktif yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur.
Tujuan
- Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
- Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat dengan membantu integrasi antar tingkat.
- Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan dan bukan peningkatan efisiennya.
Karakteristik SPK
- Adaptability
- Flexibility
- User friendly
- Support Intelligence, design, choice
- Effectiveness
Tiga Tingkat Teknologi SPK
1. Spesific DSS
Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/ sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitis terhadap suatu masalah tertentu.
2. DSS Generator
Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat dan mudah membuat specific DSS
3. DSS Tools
Hardware /software yang membantu pembuatan specific DSS/Generator DSS
Manfaat SPK
- Meningkatkan jumlah alternatif yang dipilih
- Pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
- Respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan.
- Kontrol yang lebih baik
Komponen Arsitektur SPK
1. Komponen Data
- Sumber data
- Kontribusi vendor
2. Komponen Dialog
- Knowledge Base
- Bahasa Tindakan
- Bahasa Representasi
3. Komponen Model
- Model Optimasi
- Model Deskriptif
- Model Probabilistik
- Model Deterministik
Perbedaan SIM, SPK, EDP
1. SIM
- Fokus pada pengorganisasian informasi dari perusahaan
- Alur informasi terstruktur
- Aktifitas : tanya jawab & penyusunan laporan
2. SPK
- Mengkhususkan pada pengambilan dari pada manajer tingkat atas.
- Menekankan pada fleksibilitas, adaptibilitas dan mampu memberi respon dengan cepat.
- User memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi
3. EDP
- Fokus pada data
- Proses transaksi yang efisien
- Mengintegrasi file-file dari pekerjaan sejenis
- Membuat ringkasan untuk laporan bagi manajemen.
0 komentar:
Post a Comment