Antara RPL, Sistem Informasi dan Sistem Cerdas

Share On :
Sekedar informasi mengenai pendidikan komputer yang ada di Indonesia. Sebenarnya Indonesia mengadaptasi Computing Curricula, yaitu kurikulum bidang komputer yang diterbitkan bersama oleh ACM (the Association for Computing Machinery), AIS (the Association for Information System) dan IEEE-CS (the IEEE Computer Society). Sedangkan di Indonesia penyusun kurikulum bidang komputer adalah APTIKOM (asosiasi perguruan tinggi informatika dan komputer) dimana kurikulum yang diajukan mengaju pada kurikulum Computing Curricula. Sekali lagi Indonesia hanya mengadaptasi kurikulum Computing Curricula, bukan mengadopsi jadi nama jurusan dan mata kuliah yang ada di Indonesia tidak sama plek dengan yang ada di Computing Curricula. Computing Curricula memberikan panduan tentang penyelenggaraan, penamaan mata kuliah beserta pembobotannya dan penyusunan kurikulum pada 5 jurusan, yaitu: Computer Engineering (CE, Teknik Komputer), Computer Science (CS, Ilmu Komputer), Information Systems (IS, Sistem Informasi), Information Technology (IT, Teknologi Informasi), Software Engineering (SE, Rekayasa Perangkat Lunak).

Sedangkan Aptikom membaginya menjadi :
1. Computer Science untuk program study (jurusan) ilmu komputer atau teknik informatika.
2. Computer Enggineering untuk program study (jurusan) teknik komputer atau sistem komputer.
3. Information System untuk program study (jurusan) sistem informasi atau menajemen infomasi.

Sedangkan Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) dan Information Technology (Teknologi Informasi) di Indonesia bukan merupakan program study (jurusan) namun masuuk salah satu bidang peminatan pada jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

Nah itu sekilas kurikulum bidang komputer yang ada Computing Curricula dan Aptikom. Idealnya semua perguruan tinggi di Indonesia mengacu pada kurikulum diatas. Terus apa perbedaan Antara Software Engineering, Information System dan Sistem Cerdas.

Intinya kurikulum yang ditawarkan dibagi menjadi tiga bidang peminatan. Yaitu :
1. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak) diharapkan lulusan dengan bidang ini dapat mengembangkan software dalam skala besar. Mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep software beserta pengembangannya. Matakuliahnya pun akan selalu berkutat dengan pengembangan perangkat lunak. Misalnya Uji kualitas perangkat lunak dan pemprograman waktu nyata.

2. Information System (Sistem Informasi). Program Studi Sistem Informasi mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Terkait hal tersebut, kurikulum Program Studi Sistem Informasi bersifat khas karena dibangun di atas 3 (tiga) bidang yaitu: komputer, manajemen dan bisnis. Selama perkuliahan, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai kompetensi di ketiga bidang tersebut agar mereka mampu memberikan solusi terkait Sistem Informasi/Teknologi Informasi yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Untuk memberikan kompetensi di bidang komputer, mahasiswa dibekali dengan kemampuan antara lain: pemrograman, jaringan komputer, basis data, pengembangan software, dsb. Kemampuan manajemen diasah melalui kuliah antara lain: prinsip-prinsip manajemen, manajemen sistem informasi, manajemen proyek, dsb.

3. Artificial Intelligence (sistem cerdas) didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika. Mahasiswa akan dibekali logika fuzzy, Algoritma Genetika dan Neural Network. Agar mengetahui hubungan antar manusia dan komputer mahasiswa akan dibekali matakuliah Manusia Vs Komputer.
Sumber:http://nurichsan.blog.unsoed.ac.id/2010/11/30/antara-rpl-sistem-informasi-dan-sistem-cerdas/


0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.