Organologi

Share On :
Akar berasal dari akar lembaga (radix). Pada Dikotil, akar lembagaterus tumbuh sehingga membentuk akar tunggang, pada Monokotil, akar lembaga mati, kemudian pada pangkal batang akan tumbuh akar-akar yangmemiliki ukuran hampir sama sehingga membentuk akar serabut. Akar monokotil dan dikotil ujungnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra,yang fungsinya melindungi ujung akar sewaktu menembus tanah, sel-selkaliptra ada yang mengandung butir-butir amylum, dinamakan kolumela.Akar memiliki fungsi yaitu untuk menambatkan tubuh pada tanah, untuk menyimpan cadangan makanan, untuk menyerap air dan garam-garammineral terlarut. Dari hasi pengamatan tanaman kelapa sawit mempunyaiakar serabut, dan termaksuk tanaman monokotil. Pada tanaman kakao,mempunyai akar tunggang dan serabut. Dan pada tanaman tebu, mempunyaiakar serabut.Batang merupakan alat hara atau alat pertumbuhan dari tumbuhan.Batang merupakan bagian tumbuh tumbuhan yang amat penting danmengingat tempat serta kedudukan batang bagi tumbuh tumbuhan .

Batang Dikotil memilik lapisan-lapisan dari luar ke dalam, yaitu epidermis, korteks,endodermis, dan stele/silinder pusat. Epidermis terdiri atas selaput sel yangtersusun rapat, tidak mempunyai ruang antar sel. Fungsi epidermis untuk melindungi jaringan di bawahnya. Pada tumbuhan Dikotil, berkayu keras danhidupnya menahun, pertumbuhan menebal sekunder tidak berlangsung terus-menerus, tetapi hanya pada saat air dan zat hara tersedia cukup, sedang padamusim kering tidak terjadi pertumbuhan sehingga pertumbuhan menebalnya pada batang tampak berlapis-lapis, setiap lapis menunjukkan aktivitas pertumbuhan selama satu tahun, lapis-lapis lingkaran tersebut dinamakanLingkaran Tahun. Pada tanaman kelapa sawit, tergolong tumbuhan yang jelas berbatang, dan mempunyai bentuk batang bulat. Pada tanaman kakao, jugatergolong tumbuhan yang jelas berbatang, dan mempunyai bentuk batang bulat, termasuk batang yang berkayu. Sedangkan pada tanaman tebu juga termasuk tumbuhan yang jelas berbatang, mempunyai bentuk batang bulat,dan termasuk batang yang basah.Daun merupakan salah satu alat hara atau alat pertumbuhan daritumbuhan. Fungsi daun pada tumbuhan yaitu :sebagai alat pengambilan zat-zat makanan (resorbsi), tempat pengelola zat-zat makana (asimilasi), tempat penguapan air (transpirasi), dan pernapasan(respirasi). Bagian-bagian daunsecara umum yaitu : Upin daun atau pelepah daun (vagina), tangkai daun(petiolus) dan helaian daun (lamina). Daun yang tidak lengkap (tidak sempurna) ada beberapa kemungkinan yaitu: Hanya terdiri atas tangkai danhelaian saja, di sebut daun bertangkai, Misalnya pada daun nangka danmangga. Daun terdiri atas upin dan helaian, daun ini di sebut daun derupinatau daun berpelepah, Misalnya pada daun padi dan jagung. Daun terdiri atashelaian saja, tanpa upin dan tangkai,sehingga helaian kangsung melekat pada batang, da namakan daun duduk (senssilis). Missal pada daun biduri.Pada daun kelapa sawit mempunyai upin daunatau pelepah, tangkaidaun, helaian daun, jadi pada daun kelapa sawit mempunyai daun lengkap.Pada daun kakao hanya mempunyai tangkai dan helaian saja, pada daunkakao di sebut daun bertangkai. Dan pada tanaman tebu mempunyai Upindaun atau pelepah daun (vagina). Daun terdiri atas tangkai saja yang menjadi pipih, di namakan filorida, misalnya pada akasia.




Dari praktikum yang telah dilaksanakan maka dapat diambil kesimpulan :
  1. Pada tanaman kelapa sawit mempunyai daun lengkap
  2. Batang kelapa sawit, kakao dan tebu mempunyai bentuk batang bulat.
  3. Daun lengkap mempuyai : upin daun atau helaian daun, tangkai daun danhelaian daun.
  4. Pada daun kakao hanya mempunyai tangkai dan helaian saja, pada daunkakao di sebut daun bertangkai.
  5. Batang Dikotil memilik lapisan-lapisan dari luar ke dalam, yaituepidermis, korteks, endodermis, dan stele/silinder pusat
Daftar Pustaka
Kamil Jurnalis, 1982. Morfologi pangan , angkasa , bandung.
Kinbal, J.W.1991. Biologi (terjemahan: Tjitrosomo, S.S. dan Sugiri,N.).
(BSCS) University of Colorado, amerika, 1980. Biologi Umum

0 komentar:

Post a Comment

  • Mahasiswa STMIK Duta Bangsa
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description
  • description

Free Hosting

Free Hosting

My Blog List

A
B
C
     
D
E
F
DuGMp3    
G
H
I
Goo Otomotif HouseofScript  
J
K
L
Java Hotline    
M
N
O

My Games Collection

MeLangKah LeBih MaJu

   
P
Q
R
Pamella Decoration    
S
T
U
Studied WaLL    
V
W
X
     
Y
Z
0-9
     









Join....!


Free Domain

Free Domain

SiNyO. Powered by Blogger.